5 Jenis Batuk pada Anak

5 Jenis Batuk pada Anak

Batuk adalah suatu Gejala yang biasanya menyebab kan seorang orang tua memerikasakan anak nya kedokter ,Batuk merupakan suatu gejala yang banyak di temukan pada anak.
Batuk bisa jadi merupakan sebagian dari gejala seperti infeksi pernafasan,seperti:
  • Infeksi pernapasan atas, seperti pilek (dikenal juga sebagai common colds, hidung beringus, nasofaringitis akut atau faringorinitis akut.)
  • Infeksi pernapasan bawah, seperti pneumonia, bronkitis, bronkiolitis.

Pada dasarnya batuk  tidak terlalu berbahaya karena seperti sudah dijelaskan di atas batuk adalah mekanisme untuk mengeluarkan sesuatu seperti lendir. Batuk pada 00000000000000000000coughanak perlu diwaspadai jika disertai :

  • demam tinggi sampai 39°C dan lebih dari 3 hari,
  • lesu dan bernapas cepat,
  • dadanya sesak, bibir wajah dan lidah kebiruan,
  • berdarah.

5 Jenis batuk pada anak, antara lain:

1. Batuk “Menyalak” atau Menggonggong

Batuk jenis ini biasanya merupakan batuk yang  terjadi karena suatu peradangan yang terjadi pada laring dan trakea yang di sebab kan karena suatu alergi ,perubahan suhu  dan yang paling sering menyebab kan batuk seperti ini adalah infeksi pernafasan atas akibat virus .

2. Batuk Rejan (Whooping Cough)

Batuk rejan merupakan batuk yang di tandai dengan suara seperti ingin muntah ketika akan mengambail nafas .batuk rejan ini biasanya di sebabkan karena adanya bakteri pertussis yang dapat menular melalui percikan cairan baik dari hidung atau mulut dari orang yang terinfeksi yang bisa keluar karena bersin batuk ataupun tertawa.

Batu rejan ini biasanya menimbulkan suara whoop atau hoop saat anak berusaha mengambil nafas namun tak jarang batuk rejan tidak menimbulkan suara hoop pada saat menmgambil nafas ,namun batuk rejan sangat berbahaya jika terjadi pada seorang anak yang bisa menyebabkan berhenti nafas yang menyebabkan kematian untuk itu sangat penting jika anak di vaksinasi difteri/tetanus/pertusis (DTP/DTaP).

3. Batuk dengan Mengi

adanya nya suatu sumbatan pada saluran pernafasan anak biasanya menjadi penyebab terjadinya suaru mengi pada saat anak mengeluarkan nafas.

Batuk ini biasanya di sebabkan karena pembengkakan akibat infeksi pernapasan (seperti bronkiolitis atau pneumonia), asma, atau akibat adanya suatu yang tersangkut di jalan napas.

pada saat ini maka di anjurkan sekali untuk menghubingi dokter kecuali kalau anak anda sudah sering mengalami masalah ini dan anda telah mempunyai obat, seperti inhaler atau nebulizer, disertai dengan petunjuk penggunaan obat tersebut untuk menangani asma di

 

4. Stridor

stridor merupakan suara napas yang berisik dan kasar yang terdengar pada saat anak menghirup napas. Jika terdengar stridor, segera hubungi dokter.

Stridor ini biasanya di sebab kan karena adanya pemebengkakan jalan napas yang terjadi karena akibat dari croup karena virus ,Namun terkadang dapat juga terjadi karena adanya benda asing yang menyumbat jalan napas atau akibat infeksi yang lebih berat yaitu epiglotitis. Epiglotitis rnerupakan keadaan yang mengancam jiwa, dimana epiglotis mengalami pembengkakan dan menutupi aliran udara ke paru.
5. Batuk Mendadak

Batuk mendadak mungkin disebabkan karena sangat anak tersedak karena makan maupun karena minuman yang masuk kedalam jalur yang salah yaitu jalur pernafasan atau bahkan karena adanya sesuatu seperti adanya benda yang tersangkut di tenggorkan nya,batuk membantu membersihkan dan membebaskan alan napas dari sumbatan  tersebut .

jika batuk tidak kinjung reda atau justru menjadi sulit bernapas, hubungi dokter. Jangan coba-coba membersihkan tenggorokannya dengan jari anda karena tindakan ini justru dapat mendorong sumbatan yang ada semakin jauh ke bawah ke pipa udara.

itulah informasi mengenai 5 Jenis Batuk pada Anak yang semoga bermanfaat untuk anda para pembaca di Website Obat batuk kering dan gatal alami

5 Jenis Batuk pada Anak | obatbatukkeringdangatalalami | 4.5